Peraturan Baru Kemenpan-RB Pelamar CPNS 2018 Bisa Diterima di Formasi Lain Sejenis

ONEPOIN.CO.ID - Ada kemungkinan pelamar CPNS 2018 bisa diterima di formasi lain yang masih sejenis dan dalam satu instansi. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi untuk formasi guru.
Sebagai contohnya misalkan di SDN 1 Kebayoran Lama ada satu formasi guru matematika. Kemudian yang lolos PG untuk formasi tersebut ada dua orang.
Kemudian di SDN 2 Kebayoran Lama untuk formasi yang sama tidak ada satupun pelamar yang lolos passing grade SKD (seleksi kompetensi dasar). Maka ada potensi pelamar yang lolos passing grade (PG) tetapi gagal bersaing dalam SKB (seleksi kompetensi bidang) di SDN 1 Kebayoran Lama akan lolos ke SDN 2 Kebayoran Lama.
Tetapi jika yang lolos PG pada formasi SDN 1 Kabayoran Lama itu hanya satu orang, maka pengisian formasi di SDN 2 Kebayoran Lama menggunakan basis pemeringkatan. Untuk fase SKB akan diambil tiga pelamar dengan nilai tertinggi untuk bersaing dalam memperebutkan satu kursi.
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menegaskan seluruh sistem, termasuk didalamnya pengisian yang berhak untuk ikut SKB sudah dilakukan secara sistem.
’’Tidak ada intervensi dari tangan pegawai BKN atau instansi manapun,’’ jelasnya. Aplikasi seleksi CPNS di BKN sudah dirancang dengan logika tertentu untuk mengantisipasi berbagai macam kasus yang terjadi.
Dia mengatakan pada prinsipnya pemerintah untuk tetap mencari pelamar yang berkualitas. Adanya sistem pemeringkatan bukan berarti menurunkan kualitas daripada seleksi CPNS. Sistem pemeringkatan hanya digunakan untuk mengisi formasi yang benar-benar kosong.
Data BKN yang menyebutkan ada sekitar 3.000 formasi kosong karena tidak ada pelamarnya dan tidak ada pelamar yang lolos seleksi administrasi. Nah 3.000 formasi yang kosong itu bisa jadi bakal diisi oleh pelamar yang dari penjaringan berbasis pemeringkatan.
Bima juga mengatakan soal SKD memang wajar jika ada yang menyebut sulit. Dia menceritakan bahwa PNS yang direkrut tahun ini, dipersiapkan untuk menjadi pemimpin birokrasi selama 20 sampai 30 tahun nanti.
Sehingga persoalan-persoalan pada 20-30 tahun nanti, ditarik dalam soal SKD tahun ini. Kemudian melalui SKD ini, juga tergambarkan bagaimana kualitas pembangunan SDM antar wilayah di Indonesia. Ada perbedaan rata-rata nilai SKD antara pelamar instansi pusat dengan instansi daerah.
Sumber : www.jpnn.com
Demikian informasi yang bisa kami bagikan untuk anda. Like Fanspage kami supaya tetap mendapatkan informasi terupdate seputar dunia PNS/ASN, Honorer, Politik, Hiburan, Peristiwa, Pendidikan, Teknologi dll. di Situs www.onepoin.co.id ini. Jika suka mohon Share info ini. Kirim juga masukan dan komentar anda pada kolom komentar dibawah. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peraturan Baru Kemenpan-RB Pelamar CPNS 2018 Bisa Diterima di Formasi Lain Sejenis"

Post a Comment