Badan Legislasi DPR RI : Pemerintah Memang Tidak Mau Merevisi UU ASN

ONEPOIN.CO.ID - Daftar Inventarisir Masalah (DIM) revisi UU ASN (Undang-undang Aparatur Sipil Negara) hingga saat ini masih belum diserahkan oleh pemerintah ke DPR.
Padahal Surat Presiden memerintahkan menteri yang terkait untuk membahas revisi sudah ada sejak tahun lalu. Nyatanya, progress pembahasan revisi UU ASN tidak jelas.
Banyak kalangan yang menilai, sikap pemerintah yang belum mau menyerahkan DIM karena memang tidak ingin ada revisi. Apalagi tidak ada upaya dari DPR RI untuk menekan pemerintah.
"Mestinya DPR RI bisa menekan pemerintah untuk segera menyerahkan DIM. Kalau DIM ada, revisi bisa segara dibahas,. Ini agar nasib honorer K2 tua bisa jelas juga," ungkap Ketum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi kepada Onepoin, Minggu (28/10).
Bambang Riyanto, selaku anggota Badan Legislasi DPR RI, mengatakan, persoalan tersebut tidak bisa dilihat dari kesalahannya DPR. Di DPR terdiri dari beberapa fraksi yang 60 persennya sudah dikuasai partai koalisi pendukung pemerintah.
"Kalau dikatakan DPR tidak bisa menekan pemerintah, DPR yang mana dulu. Kami sebagai partai opisisi bagaimana bisa menekan. Suara kami tidak sebanyak partai koalisi pemerintah," tegas Bambang.
Politikus dari Partai Gerindra ini menilai, ada keengganan dari partai koalisi untuk menekan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin agar secepatnya menyerahkan DIM. Sebab, pemerintah memang tidak mau merevisi UU ASN.
"Kalau mau dan serius pasti sejak Surpres turun akan langsung dibahas. Ini enggak kan?," cetusnya.
Sebagai partai opisisi, Bambang mengungkapkan, pihaknya punya keterbatasan untuk menekan pemerintah. Terbukti setiap kali penekanan tidak ada tanggapan dari pemerintah. Lantaran yang partai pemerintah tidak berani menekan.
"Apa kami harus membuat hak angket, pansus, dan lain sebagainya? Ya dari sisi jumlah kalah total toh. Intinya kalau partai koalisi berani meminta pemerintah serius untuk bahas revisi UU ASN, semua bisa jalan. Jangan cuma omongan loh ya tapi dibuktikan dengan tindakan riil," tandasnya. 
Sumber : www.jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Badan Legislasi DPR RI : Pemerintah Memang Tidak Mau Merevisi UU ASN"

Post a Comment