Inilah Jadwal, Pembagian Formasi, Syarat, Dan Prioritas Pelamar Umum dan Khusus, Serta Kesempatan Honorer K2 Pada Seleksi CPNS 2018

ONEPOIN.CO.ID - Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka pada tanggal 19 September, kalau pun molor hanya sehari saja dari jadwal yang sudah direncanakan. Total kuota yang disiapkan mencapai sebanyak 238.015 kursi.
Terbagi untuk instansi pemerintah pusat sebanyak 51.271 kursi dan instansi pemerintah daerah sebanyak 186.744 kursi.
Kepastian dari jumlah kuota CPNS baru tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan Seleksi CPNS 2018 yang dilansir pada hari Rabu (5/9).
Dalam aturan tersebut, pemerintah menetapkan sebanyak lima bidang prioritas kebutuhan pegawai. Yakni bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, jabatan fungsional, dan jabatan teknis lainnya.
Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir menjelaskan, di dalam Peraturan Menteri PAN-RB 36/2018 itu juga disebutkan bahwa ada sebanyak 438.590 orang tenaga honorer K2.

Selain berprofesi sebagai guru, tenaga honorer K2 juga banyak di profesi tenaga kesehatan. Tahun ini rekrutmen CPNS baru terbagi dalam formasi umum dan khusus.
Untuk formasi khusus terdiri dari beberapa jenis. Antara lain Yaitu lulusan cumlaude, penyandang disabilitas, putra/putri dari Papua dan Papua Barat, diaspora, olahragawan berprestasi internasional, dan tenaga pendidik serta tenaga kesehatan dari tenaga honorer K2.
Meski ada alokasi untuk tenaga honorer, kriterianya sama dengan pelamar umum. Seperti tenaga honorer harus masuk dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN), usia maksimal 35 tahun per 1 Agustus 2018, dan aktif bekerja terus-menerus, untuk formasi guru harus wajib berijazah S1 yang diperoleh sebelum tanggal 3 November 2013.
Sumber : www.jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Jadwal, Pembagian Formasi, Syarat, Dan Prioritas Pelamar Umum dan Khusus, Serta Kesempatan Honorer K2 Pada Seleksi CPNS 2018"

Post a Comment