Pendaftaran CPNS 2018 Molor Jadi Agustus? Ini Jawabannya

ONEPOIN.CO.ID - Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Adapun jumlah formasi CPNS yang akan dibuka nantinya akan lebih banyak dari sebelumnya sebab terdiri dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mudzakir mengatakan, pembukaan pendaftaran CPNS tahun 2018 nantinya akan dimulai pada awal Agustus 2018. Sebab, pihaknya akan mengumumkan formasi dan persyaratan untuk menjadi abdi negara tersebut ditargetkan pada akhir Juli 2018.
"Harapan kita memang seperti yang disampaikan oleh pak Menteri, semakin cepat semakin baik. Pak Menteri pernah menyampaikan kalau tidak akhir Juli awal Agustus," ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (17/7/2018).
Saat ini, lanjut Mudzakir, pemerintah saat ini tengah dalam tahap finalisasi validasi data untuk lowongan CPNS 2018. Data tersebut merupakan data kebutuhan pegawai yang diajukan oleh masing-masing Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah kepada Kemenpan-RB.
"Kita sudah mendekati penyelesaian proses validasi tetapi itu nanti setelah final semua sudah siap baru akan kita sampaikan langsung kepada masyarakat," jelasnya.
Oleh karenanya, untuk saat ini pemerintah masih belum bisa mengumumkan juga berapa jumlah formasi yang dibutuhkan. Namun, Mudzakir memastikan jika kuota yang dibuka akan lebih besar dari tahun lalu.
Sebab, untuk kebutuhan guru saja jumlahnya sudah melampaui batas formasi pada tahun lalu. Seperti yang diketahui untuk kebutuhan guru saja tahun ini akan dibuka sebanyak 100.000 lowongan, sedangkan pada tahun lalu hanya sekitar 30.000-an formasi saja.
"Untuk formasi belum bisa kita sebutkan sekarang mas," ujarnya.
Untuk mekanisme pendaftarannya lanjut Mudzakir nantinya akan di atur oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Termasuk juga diantaranya mekanisme seleksinya yang mana semuanya lewat metode seleksi berbasis komputer (CAT).
"Formasinya nanti tentu akan mulai dibuka proses pendaftarannya. Nanti akan ada jadwalnya. Setelah proses pendaftaran nanti tentu akan secara teknis akan dikelola oleh BKN," ucapnya.
Sumber : economy.okezone.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran CPNS 2018 Molor Jadi Agustus? Ini Jawabannya"

Post a Comment