Soal Penyalahgunaan Data, Facebook Indonesia Akan Temui DPR

ONEPOIN.CO.ID - Komisi I DPR RI akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan perwakilan Facebook di Indonesia pada hari Rabu (11/4/2017). Pimpinan Facebook Indonesia dipastikan akan ikut serta dalam rapat tersebut.

Wakil Ketua Komisi I dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafi Rais, mengatakan bahwa dalam rapat tersebut, DPR akan meminta penjelasan dari Facebokk terkait pengalahgunaan data satu juta pengguna Indonesia oleh Cambridge Analytica.
“Akan kita panggil, pimpinannya telah bersedia untuk hadir pada Rabu siang. Nanti kita akan dalami masalahnya dan tentukan tindak lanjutnya di RDP itu nanti,” ungkap Hanafi saat ditemui di gedung DPR/MPR, Senin (9/4/2018).

Menurut Hanafi, Facebook telah menyalahi aturannya sendiri, jika nanti terbukti gagal dalam melindungi data-data pengguna.

Sesuai dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, jika terjadi pelanggaran dan penyalahgunaan, maka Facebook harus mematuhi peraturan yang ada, termasuk harus menerima hukuman administrasi ataupun pidana di Indonesia.

“Jika terjadi pelanggaran dan penyalahgunaan, maka tentu akan masuk ranah pidana dan saya pikir, langkah hukum harus ditegakkan. Langkah-langkah lain seperti pemblokiran, bisa dipertimbangkan,” terang Hanafi.

Untuk saat ini, Hanafi mengaku belum bisa menentukan langkah pasti yang akan diambil DPR. Komisi I akan mendengar penjelasan dari pihak Facebook terlebih dahulu.

“Kita lihat apa penjasan Facebook nanti, baru kita akan ambil tindakan,” imbuhnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Indonesia termasuk tiga besar negara dengan jumlah pengguna Facebook terbanyak, yang datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica.

Sekira satu jutaan pengguna di Indonesia menjadi korban atau sebanyak 1,3 persen dari total 87 juta pengguna yang datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica.

Negara-negara lain yang juga menjadi korban adalah Inggris, Meksiko, Kanada, India, Brasil, Vietnam dan Australia. Namun, Facebook masih belum mengungkapkan rincian data yang diambil.

Sumber : https://www.liputan6.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Soal Penyalahgunaan Data, Facebook Indonesia Akan Temui DPR"

Post a Comment