Jokowi Bakal Dilarang Gunakan Pesawat Kepresidenan

ONEPOIN.CO.ID - Tahun depan pemilihan presiden akan berlangsung di Indonesia. Jika Jokowi mengikutinya lagi dia tidak boleh mengunakan pesawat kepresidenan untuk kampanye meski berstatus petahana.
“Menurut saya harus menggunakan pesawat lain,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Jakarta, Jum’at (6/4/2018).
Tjahjo menegaskan pesawat kepresidenan merupakan bagian dari pengamanan presiden. Aturan penggunaan pesawat tersebut tidak perlu dengan peraturan pemerintah, cukup dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).
Pada saatnya nanti Menteri Sekretariat Negara akan berkonsultasi dengan KPU membicarakan masalah tersebut. Saat ini pemerintah dan KPU sudah membahas terkait dengan cuti presiden untuk mengikuti kampanye berdasarkan data ketika masa Presiden Megawati dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Hal itu diatur dalam Pasal 281 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Pasal itu menjelaskan bahwa kampanye pemilu yang mengikutsertakan presiden, wakil Presiden, menteri, gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, dan wakil walikota tidak menggunakan fasilitas dalam jabatannya.
Namun Undang-Undang mengizinkan fasilitas pengamanan bagi pejabat negara sebagaimana yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain itu menjalani cuti di luar tanggungan negara.
Dalam Pasal 301 UU Pemilu menyebutkan bahwa Presiden atau Wakil Presiden yang telah ditetapkan secara resmi oleh KPU sebagai Capres atau cawapres dalam melaksanakan kampanye Pilpres memperhatikan pelaksanaan tugas dan kewajiban sebagai Presiden atau Wapres.
Sumber : https://asn.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jokowi Bakal Dilarang Gunakan Pesawat Kepresidenan"

Post a Comment