Buat Guru Honorer, Ini Kabar Sedap Dari Wapres JK

ONEPOIN.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemerintah tetap akan menambah jumlah guru PNS, khususnya dari guru honorer. Tidak ada moratorium penerimaan PNS untuk formasi guru.

"Sebenarnya tidak ada moratorium tentang guru, tidak ada. Guru tetap bisa ditambah, apalagi (ada) pensiun, jumlah murid masih bertambah, sekolah tetap bertambah, tetap kita ikuti itu (tambahan guru)," ujar JK di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).
Meski demikian, menurut JK, dibutuhkan syarat-syarat yang lebih ketat untuk menerima guru menjadi PNS. Setiap calon guru harus melalui tahap seleksi yang ketat. 

"Kualitas contohnya, harus dites baik-baik, tidak semua lulusan sekolah guru itu harus menjadi guru. Harus melalui rangkaian tes dan pelatihan. Karena itu, kita berkomitmen untuk menjaga jumlah guru itu yang seimbang dengan murid," jelas JK.

JK mengungkapkan pengetatan sertifikasi untuk guru pun akan menjadi perhatian dari pemerintah. Guru yang mengikuti tes sertifikasi tidak boleh asal dikasih sertifikat.

"Itu salah satu proses yang harus diikuti jumlahnya. Tapi tidak semua guru honorer itu langsung bisa (diterima), melalui lagi tahapan-tahapan yang dipersiapkan oleh Menteri PAN-RB untuk hal tersebut dan (juga) Mendikbud," imbuhnya.

JK juga menegaskan semua guru honorer yang akan diangkat menjadi PNS harus tetap melalui tahapan seleksi. Tidak semua akan langsung diterima. Jumlah penerimaan guru pun akan diseimbangkan dengan jumlah murid dan sekolah. 

"Ya jumlahnya pokoknya disesuaikan dengan jumlah sekolah dan murid. Dan juga distribusi, (karena) kadang-kadang di kota besar guru sudah cukup, tetapi di pedalaman (kurang cukup), karena itu memang ada perbedaan-perbedaan tunjangan," papar JK. 



Sumber : https://news.detik.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buat Guru Honorer, Ini Kabar Sedap Dari Wapres JK"

Post a Comment