Usulan Kebutuhan CPNS Mencapai Jutaan, Pemerintah Hanya Butuh 220 Ribu

ONEPOIN.CO.ID - Pemerintah membutuhkan sebanyak 220 ribu CPNS baru untuk menggantikan PNS yang pensiun hingga dengan tahun ini. Namun, usulan yang sudah masuk sampai dengan saat ini sudah mencapai jutaan orang.
"Ini usulan kebutuhan CPNS masuk sudah mencapai jutaan. Padahal kuota yang disiapkan pemerintah maksimal sebanyak 220 ribu orang loh," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada JPNN.com, Rabu (21/3).
Dia juga menyebutkan, pemerintah hanya akan memprioritaskan usulan berdasarkan potensi daerah masing-masing. Di samping melihat posisi belanja pegawainya di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).
Penegasan yang sama diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur. Rekrutmen CPNS harus berdasarkan kebutuhan serta potensi yang dimiliki oleh suatu daerah.
Contohnya, potensi daerah Sulawesi dalam hal perikanan dan kelautan, maka yang diajukan harus yang berkualifikasi perikanan dan kelautan juga. Selain itu harus sejalan dengan arah pembangunan nasional.
"Prinsip minus growth tetap berlaku dalam rekrutmen CPNS tahun 2018. Artinya yang akan direkrut tidak akan lebih dari yang pensiun. Selain itu, pemerintah tidak memberikan tambahan formasi CPNS bagi Pemda yang belanja pegawainya di atas 50 persen," tegasnya.
Berdasarkan data, terdapat sebanyak 134 pemerintah daerah yang memiliki belanja pegawai di atas 50 persen. Sesuai dengan ketentuan, menurut Asman, mereka tidak biss mengajukan tambahan formasi CPNS.
Asman menyebutkan, saat ini terdapat sebanyak 4,35 Juta pegawai ASN, di mana 37 persen di antaranya berkemampuan administratif. Oleh karena itu diperlukan ASN yang memiliki keahlian untuk membangun suatu daerah serta mewujudkan pembangunan nasional.
Sumber : https://www.jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usulan Kebutuhan CPNS Mencapai Jutaan, Pemerintah Hanya Butuh 220 Ribu"

Post a Comment