TANK TNI YANG MEMBAWA 16 ANAK PAUD TENGGELAM. INI KRONOLOGIS DAN KONDISINYA SEKARANG

ONEPOIN.CO.ID - Dua orang tewas dalam insiden tenggelamnya kendaraan tempur milik TNI di Sungai Bogowonto, Purworejo, Jawa Tengah, sekitar pukul 10.00 WIB Sabtu (10/3).
Saat kejadian itu kendaraan lapis baja jenis M113 A1 armored personnel carrier (APC) milik Yonif 412 Bharata Eka Sakti Purworejo tersebut tergelincir, lalu tenggelam di sungai yang terletak di belakang markas.
Tank itu mengangkut sebanyak 5 personel TNI dan 17 penumpang yang terdiri atas 16 anak PAUD (pendidikan anak usia dini) serta seorang guru.
Korban meninggal bernama Pratu Randi Suryadi dan Iswandari, selaku kepala sekolah PAUD Ananda. Semua siswa PAUD dilaporkan selamat.
Kapusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menceritakan, saat itu sekitar 180 anak dari beberapa PAUD dan TK di Sindurjan, Kecamatan Purworejo, tengah melakukan outbound di markas Yonif 412.
Mereka didampingi oleh 17 guru dan melakukan sejumlah kegiatan. Antara lain simulasi naik helikopter.
Lantas, mereka diajak ke garasi untuk melihat kendaraan-kendaraan tempur milik TNI. Setelah itu, mereka diajak untuk menyeberangi Sungai Bogowonto dengan menaiki APC.
Gelombang pertama, tiga APC berhasil sampai di seberang. Saat gelombang kedua, satu APC tergelincir dan langsung terseret arus.
"Tiap tank dinaiki kurang lebih 20 orang," tutur Sutopo.
Kepala Dinas Penerangan TNI-AD Brigjen TNI Alfret Denny Tuejeh menjelaskan, Pratu Randi Suryadi kelelahan saat menyelamatkan anak-anak PAUD tersebut.
Dia pun ikut terseret arus dan tenggelam. Iswandari juga dilaporkan terseret arus. Keduanya meninggal di rumah sakit.
Randi di RSUD Dr Tjitrowardojo, sedangkan Iswandari di RS Panti Waluyo. Alfret mengungkapkan, jenazah Pratu Randi langsung dibawa ke Sumedang untuk dimakamkan.
Adapun jenazah Iswandari, rencananya, akan dimakamkan hari ini (11/3) di Purworejo.
"Sore tadi (kemarin, Red) tank sudah berhasil ditarik dari lokasi kejadian," ujar Alfret.
Tim dari intel divisi bekerja sama dengan polres dan satuan POM setempat sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait insiden itu.
Sebagai bentuk keprihatinan dari satuan TNI, pihaknya telah memberikan santunan kepada keluarga korban.
"Baik anggota (Pratu Randi, Red) maupun Ibu Iswandari," katanya. 
Sumber : https://www.jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANK TNI YANG MEMBAWA 16 ANAK PAUD TENGGELAM. INI KRONOLOGIS DAN KONDISINYA SEKARANG"

Post a Comment