CAPRES ATAUPUN CAWAPRES, DEMOKRAT FOKUS SIAPKAN AHY

ONEPOIN.CO.ID - Jubir Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan, pihaknya sekarang tengah fokus menyiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk menjadi pemimpin masa depan.
Partainya belum menetapkan apakah putra pertama dari Presiden ke-6 RI itu akan diusung sebagai capres atau cawapres.
Dalam mengusung calon, pihaknya harus berkoalisi terlebih dulu dengan partai lain. Dibutuhkan 20 persen jumlah kursi di DPR atau 25 persen suara sah secara nasional untuk bisa mengusung calon. “Kami kan hanya punya suara 10 persen,” ucapnya.
Tentu, ucapnya, dalam berkoalisi itu, partainya ingin mengusulkan AHY sebagai capres atau cawapres.
Sementara itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menilai masa depan koalisi partai-partai yang belum resmi mengusung capres maupun cawapres untuk tahun 2019 masih cair.
Perkembangan yang terjadi saat ini, mulai dari pertemuan PAN, PKB dengan Demokrat dengan dinamika di Rapimnas Partai Demokrat, masih belum bisa menjadi jaminan terciptanya koalisi.
”Kami juga punya hak bertemu. Partai lain juga punya. Nah itulah makanya perlu pertemuan-pertemuan paling tidak informal dulu. Masih menjajaki,” ungkap Zulkifli di gedung parlemen, Jakarta, Senin (12/3).
”Kalau PAN juga bertemu Gerindra, juga bertemu dengan PDIP. Semua masih terbuka,” ujarnya.
Dengan syarat ambang batas minimal sebanyak 20 persen kursi DPR, Zulkifli menilai kemungkinan poros koalisi di pilpres hanya akan terbentuk untuk dua pasang calon.
Zulkifli tidak melihat ada peluang besar, bahwa PAN maupun partai lain akan mampu menggagas koalisi untuk poros ketiga. ”Kalau poros ketiga itu butuh keajaiban untuk bisa terjadi,” tuturnya.
Sumber : https://www.jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CAPRES ATAUPUN CAWAPRES, DEMOKRAT FOKUS SIAPKAN AHY"

Post a Comment