Kapan Revisi UU ASN disahkan?

ONEPOIN.CO.ID--Revisi UU ASN memang sudah menjadi RUU inisiatif DPR, namun kejelasan mengenai kapan revisi uu asn ini akan disahkan masih belum menemukan titik temu. Pemerintah dalam hal ini DPR dan Pihak pemerintah (Presiden, Menpan-RB, Menkeu, dan Kemendikbud, Kemendagri) masih terkesan menyibukkan diri untuk mengenyampingkan isu dan tututan pengesahan revisi UU ASN ini.
Wahai pak Presiden dan Pak Menteri para Honorer masih menanti kejelasan nasip mereka dalam revisi uu asn

Kenapa revisi uu asn ini sangat dinanti oleh para peminat cpns?

Sudah bukan rahasia umum lagi jika revisi UU ASN ini akan menjadi batu loncatan bagi para honorer, khususnya Honorer K2 yang sudah lama mengabdi dan masih belum ada kejelasan nasipnya. "batu loncatan" saya menggunakan istilah ini karena dengan disahkannya revisi uu asn ini Honorer K2 bisa langsung jadi CPNS tanpa tes.

Seperti yang ditulis dalam harian online kompas.com bahwa dibenarkan kenapa revisi uu asn ini dinanti oleh para honorer karena Salah satu poin revisi menyangkut tuntutan honorer yang meminta diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Isu Honorer jadi CPNS tanpa tes jika revisi uu asn ini disahkan semakin santar terdengar setelah salah satu media online ternama Detik.com menyampaikan bocoran draf Revisi UU ASN yaitu pasal 131A yang berbunyi sebagai berikut:
Pasal 131A


(1) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak yang bekerja terus-menerus dan diangkat berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan sampai dengan tanggal 15 Januari 2014, wajib diangkat menjadi PNS secara langsung dengan memperhatikan batasan usia pensiun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 90.

(2) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan pada seleksi administrasi berupa verifikasi dan validasi data surat keputusan pengangkatan.

(3) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan memprioritaskan mereka yang memiliki masa kerja paling lama dan bekerja pada bidang fungsional, administratif, pelayanan publik antara lain pada bidang pendidikan, kesehatan, penelitian, dan pertanian.

(4) Pengangkatan PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan mempertimbangkan masa kerja, gaji, ijazah pendidikan terakhir, dan tunjangan yang diperoleh sebelumnya.

(5) Tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak diangkat menjadi PNS oleh pemerintah pusat.

(6) Dalam hal tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, dan tenaga kontrak, tidak bersedia diangkat menjadi PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus membuat surat pernyataan ketidaksediaan untuk diangkat sebagai PNS.

Bagaimana tidak dinanti-nantikan pengesahan revisi UU ASN ini karena sobat bisa baca di draft tersebut di atas pasal 131A ayat 1 bahwa Honorer yang sudah bekerja secara terus menerus dan diangkat jadi tenaga honorer sebelum tanggal 15 januari 2014, wajib diagkat jadi PNS tanpa tes. Namun harus mengikuti seleksi berupa verifikasi dan validasi data saja.

Lalu kapan revisi UU ASN ini akan disahkan?

Menunggu memang pekerjaan yang membosankan, tapi rekan-rekan honorer masih saja tetap setia menanti kejelasan dari pemerintah mengenai kapan revisi uu asn ini akan dibahas lagi setelah sah menjadi RUU inisiatif DPR. Sambil menunggu simpang siur pemberitaan terus bermunculan, isu-isu bahwa pengesahan akan dilakukan bulan maret hanya menjadi angin surga saja.

Akhirnya kesabaran para rekan-rekan honorer menanti payung hukum yang akan terbit kala revisi uu asn ini disahkan sudah habis. Honorer K2 melakukan demo besar-besaran lagi pada tanggal 22-23 Februari 2017. Namun masih belum ada kejelasan sampai sekarang.

Semoga saja doa dan harapan besar dari rekan-rekan honorer dalam menanti revisi uu asn disahkan segera terealisasi. Terpenting lagi pasal 131A ayat sampai 6  dalam bocoran draft tersebut benar-benar ada. Sehingga Honorer yang telah bertahun-tahun mengabdi dapat menerima balas jasa setimpal dengan menjadi PNS.

Mengenai kapan revisi UU ASN ini akan disahkan masih menjadi tanda tanya kita bersama, hanya pemerintah yang tahu alasan logisnya. entah itu karena PNS sudah terlalu banyak,anggara belum ada untuk pengangkatan cpns barukah?. Update dari pengesahan ini pasti akan kami sajikan untuk yang sudah mengabdi jadi Honorer.

Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Revisi UU ASN disahkan?"

Post a Comment