KABAR GEMBIRA !! PEKERJA INFORMAL DIUSULKAN DAPAT JAMINAN PENSIUN SEPERTI PNS !

Onepoin.co.id - Bagaimana pendapat anda jika pekerja informal diberikan fasilitas jaminan pensiun layaknya PNS ? tentu menggembirakan donk. Sebab selama ini orang menilai PNS adalah profesi paling aman karena ada jaminan pensiunnya. Artinya setelah menerima SK PNSmaka kehidupan hingga tua sudah terjamin. Terbalik dengan pekerja non PNS seperti Honorer, Tenaga Kontrak, Pekerja informal seperti tukang parkir, satpam, petugas kebersihan dan lain-lain yang masa tuanya ketika sudah tidak produktif lagi tidak tentu. Nah jika diberikan fasilitas jaminan pensiun tentu akan lebih terjamin kehidupannya. 

Ialah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang berencana akan memberikan jaminan pensiun bagi seluruh pekerja sektor informal yang memiliki KTP Surabaya.Sebab, Risma –sapaan Tri Rismaharini-- ingin agar pekerja Surabaya yang bekerja di sektor informal bisa memiliki tabungan pensiun layaknya para pegawai negeri (PNS).
"Saya sudah pernah menyampaikan (rencana jaminan pensiun) ini ke BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, Red)," ucap Risma, seperti diberitakan Radar Surabaya (Jawa Pos Group) hari ini.
Setelah disampaikan, menurut dia, BPK justru heran terhadap rencana tersebut.
Risma mengaku, BPK malah tidak habis pikir ada pemimpin daerah yang mau memberikan jaminan pensiun kepada pekerja yang ber-KTP Surabaya dengan dana dari APBD.
"Mereka heran, kok saya bisa mikir sampai segitu. Tapi, rencana ini memang masih saya carikan payung hukumnya," tutur Risma.
Dia mengatakan jika dilihat dari kemampuan APBD Surabaya tahun ini yang mencapai Rp 8,5 triliun, dirinya yakin jika pemkot mampu membayar uang pensiun untuk warga Surabaya tersebut. "Cukup kok, kita bisa pakai APBD," tukasnya. Bahkan, ia mengatakan jika Surabaya juga sudah menanggung jaminan kesehatan (BPJS) untuk semua pekerja di Surabaya.
"Mulai satpam kampung, tukang sampah, petugas makam, guru PAUD, sampai juru parker, itu sudah kita kaver BPJS-nya," ucap wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.
Risma menambahkan bahwa mekanisme pemberian BPJS untuk tenaga kerja tersebut juga sudah diperiksa BPK dan terbukti tidak ada kecurangan sehingga lolos pemeriksaan.
Ia pun optimistis nanti akan bisa memberikan fasilitas pensiunan kepada pekerja Surabaya agar mereka bisa tenang dengan jaminan hari tuanya.
"Mekanismenya (pemberian BPJS), semua kita pakai computerized. BPK memeriksa khusus, dan ternyata memang nggak ada cheating atau kecurangan. Tapi nanti untuk yang ini (jaminan pensiun, Red), saya carikan aturannya dulu," imbuhnya.
Menanggapi rencana wali kota tersebut, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Agustin Poliana mengapresiasinya.
Sebab, hal ini membuktikan jika pemkot punya inisiatif sekaligus perhatian kepada warganya.
"Tapi yang jadi pertanyaan saya, apakah diperkenankan mereka yang bukan karyawan kontrak, atau pegawai pemkot yang bukan pemberi jasa, diberikan tunjangan pensiun? Dan, apakah APBD memungkinkan?," ujarnya.
Jadi, lanjutnya, perlu dikaji secara cermat apakah memang usulan tersebut dibutuhkan atau tidak.
sumber : jpnn.com
Semoga bisa terealisasi ya. Amin


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KABAR GEMBIRA !! PEKERJA INFORMAL DIUSULKAN DAPAT JAMINAN PENSIUN SEPERTI PNS ! "

Post a Comment