Heboh..Ikan Duyung Terdampar di Bitung, Begini Penampakannya

ONEPOIN.CO.ID--Ikan duyung adalah salah satu ikan langka yang habitatnya sangat dilindungi. Ikan duyung yang sangat erat kaitannya dengan legenda putri duyung membuat ikan duyung yang terdampar di Bitung membuat warga gempar.

Kejadian yang tidak biasa, terjadi di Pulau Lembeh, tepatnya di Kelurahan Motto. Warga geger dengan penemuan duyung yang terdampar di sekitar jembatan Pelabuhan Motto. Agus Solandang, si penemu membeberkan waktu itu Senin (27/2) sekira 22.00 dia sedang memancing. Namun tiba-tiba ia dikejutkan melihat sosok ikan besar yang berenang di sekitar jembatan, yang diketahui memang dangkal.
"Waktu itu saya langsung keheranan. Kok ada ikan sebesar ini berenang di perairan dangkal. Saya sempat berpikir itu ikan gorango (hiu). Sekitar setengah jam, ikan itu masih berputar-putar sehingga akhirnya ikan tersebut terlilit di tali kapal. Sayapun langsung panik dan memanggil warga. Pertama saya datang ke rumahnya Ara Landi, karena paling dekat dengan lokasi. Namun ia tertidur. Jadi saya langsung ke rumah Jackob Denga," ujarnya.
Saat kembali dan melihat lebih dekat, ternyata ikan tersebut duyung. “Kami pun berusaha melepaskan ikatan tali tersebut. Namun karena sudah malam sehingga memutuskan untuk melanjutkan besok," jelasnya.
Lanjut dia, keesokan harinya, seluruh warga kampung, berusaha untuk melepaskanya. Bahkan first lady Bitung Khouni Lomban-Rawung ikut datang. “Ibu Wali bersama warga membantu untuk melepaskan ikan duyung tersebut. Ikan tersbut, tidak apa-apa. Hanya terluka di bagian ekor akibat terlilit tali," pungkasnya.
Kadis Perikanan Bitung Liesje Macawalang menjelaskan, duyung adalah jenis mamalia herbivora atau hewan pemakan rumput laut yang dilindungi. "Diperkirakan usia ikan Duyung terdampar ini lebih dari 10 tahun," singkatnya.
Sementara itu, Khouni yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bitung mengatakan, duyung itu mengalami kelelahan. “Sehingga jika ditahan terlalu lama bisa mati. Oleh karenanya dilepas supaya hidup dan kembali ke habitat semula," pungkasnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Heboh..Ikan Duyung Terdampar di Bitung, Begini Penampakannya"

Post a Comment