Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) : Kami Berharap Tahun Depan GUS DUR Bergelar 'Pahlawan Nasional'

ONEPOIN.CO.ID - PKB menggelar Tahlil dan Manaqib Gus Dur sebagai peringatan haul ke-7 tokoh yang memiliki nama lengkap KH Abdurrahman Wahid tersebut. Pada momen itu, PKB pun berharap agar pemerintah menjadikan Gus Dur sebagai Pahlawan Nasional.
"Di saat situasi kebangsaan Indonesia saat ini penuh dengan kekisruhan, kita merasa sangat rindu dengan sosok Gus Dur, dan itulah yang disampaikan oleh hampir semua peserta haul Gus Dur ke-7 yang dilakukan oleh PKB," ungkap Wasekjen PKB Daniel Johan kepada detikcom, Selasa (27/12/2016) malam.


Menurut Daniel, acara haul Gus Dur di DPP PKB, Jakarta Pusat, kemarin dihadiri dari berbagai kalangan. Tidak hanya dari umat Islam, namun juga dari lintas agama, etnis, bahkan lintas generasi.
"Bahkan dari profesi sopir hingga pejabat tinggi negara, itu menunjukkan Gus Dur dicintai oleh segenap lapisan masyarakat," ujar Daniel.

PKB sudah bertahun-tahun mengajukan kepada pemerintah agar Gus Dur dijadikan sebagai Pahlawan Nasional. Namun untuk tahun ini, lagi-lagi Gus Dur belum mendapat kehormatan tersebut.
"Harapan kami tahun depan Gus Dur benar-benar dianugerahkan sebagai Pahlawan Nasional, meskipun sekarang ini rakyat sudah menganggap Gus Dur sebagai Bapak Bangsa Indonesia," Daniel menuturkan harapan PKB.

"Ada satu hal yang otentik dari Gus Dur, yakni bagaimana kita memahami Gus Dur dengan utuh. Kita tidak dapat memahami Gus Dur dari apa yang ia katakan karena kita bisa salah, namun kalau kita juga tidak bisa memahami Gus Dur dari apa yang ia lakukan, karena kita juga bisa salah, karena tidak jarang apa yang dikatakan Gus Dur berbeda dengan apa yang Gus Dur lakukan," imbuhnya.

Menurut Daniel, cara yang paling tepat untuk memahami Presiden RI ke-4 itu adalah dengan memahami apa yang ingin dicapainya. Gus Dur disebutnya sering kali mewujudkan apa yang ia maksud melalui dialektika atau pertentangan antara yang ia ucapkan dan lakukan.
"Kalau seluruh pemikiran dan cita-cita Gus Dur diperas maka ada 2 hal utama yang begitu kuat melekat di dalam diri Gus Dur yakni mencintai kemanusiaan, dan mewujudkan ke-Indonesia-an yang kuat," jelas Daniel.

"Oleh karena itu bagi saya Gus Dur adalah seorang humanis dan nasionalis yang begitu mencintai rakyatnya tanpa membeda-bedakan apa agama, suku dan latar belakangnya. Gus dur membuat ke-Islam-an menjadi begitu indah dan dicintai bahkan oleh umat-umat lain," sambung Wakil Ketua Komisi IV DPR itu.

Sifat Gus Dur itulah yang sangat diharapkan Daniel dapat menjadi pedoman PKB untuk membesarkan partai. Dengan menerapkan prinsip Gus Dur, PKB pun disebutnya akan menjadi partai besar.
"Humanis dan nasionalis ini yang diwariskan oleh Gus Dur ke PKB, sehingga PKB penting menjadi besar untuk mewujudkan nasionalisme dan kemanusiaan yang berkeadilan sosial tersebut," tutupnya. (sumber : Detik.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) : Kami Berharap Tahun Depan GUS DUR Bergelar 'Pahlawan Nasional'"

Post a Comment