Donald Trump Jadi Presiden AS, Ini Dia Pengaruhnya Untuk Indonesia

ONEPOIN.CO.IDAmerika Serikat (AS) saat ini sedang menunggu presiden terpilihnya pada hari ini, Rabu (9/11). Perolehan suara Donald Trump berkejar-kejaran dengan pesaingnya, Hillary Clinton.
Sejauh ini Donald Trump yang diusung oleh Partai Republik masih unggul dibanding dengan Hillary yang disokong oleh Partai Demokrat.


Wakil Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menilai, jika Donald Trump keluar sebagai pemenang, maka pengaruhnya terhadap politik nasional menurutnya tidak banyak.
“Berpengaruh sedikit mungkin iya, namun secara umum saya yakin tidak terlalu banyak,” katanya melalui pesan singkat, Rabu (9/11).
Politikus Golkar tersebut menyebutkan bahwa Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN, tetap akan diperhitungkan di kancah dunia.
Sehingga, siapapun Presiden Amerika yang terpilih harus membangun hubungan baik sebagai mitra di Asia, terutama menyangkut persoalan di Laut Tiongkok Selatan.
Kedua, Indonesia memiliki sejarah partnership yang panjang dengan Amerika.
Comprehensive Partnership Agreement di tandatangani pada tahun 2010, kemudian dilanjutkan dengan kesepakatan strategic partnership.
“Trump juga memiliki beberapa usaha bisnis di Indonesia. Jadi saya yakin Indonesia, tidak asing lagi bahkan dapat menjadi salah satu peningkatan tujuan investasi dari AS,” ujarnya.
Dia juga menambahkan, sebagai salah satu negara demokrasi, AS memiliki sistem check and balances yang sangat baik. Dengan begitu, siapapun presiden AS terpilih, pemerintahan tidak bisa langsung mengubah arah tanpa persetujuan senat atau parlemen.

sumber : fajar.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Donald Trump Jadi Presiden AS, Ini Dia Pengaruhnya Untuk Indonesia"

Post a Comment