INILAH PERANGKAT ELEKTRONIK ANYAR DI MOTOGP 2016




OnePoin - Bagaimana kabar anda sahabat pembaca OnePoin.com? semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Tuhan yang Maha Esa. informasi kali ini datang dari sebuah Perangkat Elektronik yang pasang di MotoGP. bagaimana informasi selengkapnya? Silahkan di simak!

Tim Repsol Honda uring-uringan karena belum juga cocok dengan perangkat elektronik (ECU) standar yang dipakai untuk motor MotoGP musim ini. Honda menilai elektronik menjadi sebuah masalah terbesar mereka yang harus dipecahkan.

Menurut bos Repsol Honda, Lipio Suppo, ECU standar produksi Magneti Marelli itu belum bisa beradaptasi dengan mesin. Ini yang membuat catatan waktu pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa masih kalah dari duo Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo.

Perubahan signifikan di regulasi MotoGP 2016 memang membuat Honda kebingungan. Bagaimana tidak, jika sebelumnya perangkat elektronik bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, namun kini mereka harus pakai elektronik yang standar.

Apa sebenarnya kendala terbesar di perangkat elektronik standar? Seperti dikutip crash, ECU standar tak memungkinkan pembalap untuk mengatur traksi dan juga konsumsi bensin di balapan.

Contohnya bisa dilihat pada kasus pembalap Ducati Andrea Iannone tahun lalu. waktu memulai balapan di MotoGP Jerez, motornya disetel untuk balapan basah. Tapi setelah tiga atau empat balapan, saat trek mengering, ECU dengan pintar mengubah setelan traksi, wheelie dan torsi.

ECU modifikasi seperti tahun lalu memungkinkan pembalap dengan otomatis ubah gaya balap karena bantuan perangkat elektronik. Dengan ECU standar di MotoGP 2016, semua kemudahan itu tidak didapatkan lagi.

Kembali ke contoh Iannone, kala itu dia yang sempat tercecer di posisi ke-11 mampu finis di posisi keenam. Namun Tiba-tiba dia bisa imbangi kecepatan Valentino Rossi yang rebut podium ketiga saat itu.

Dengan ECU standar sekarang, semua program harus disetel sebelum balapan. Apabila terjadi perubahan cuaca atau suhu, ECU tak otomatis ubah setelan. Khusus untuk kontrol traksi, pembalap masih memungkinkan lakukannya dengan menekan tombol di setang motor.

"ECU milik pabrikan seperti tahun lalu gunakan strategi adaptif yang memungkinkan untuk sesuaikan setelan secara otomatis terhadap kondisi ban dan konsumsi bensin. Itu tak bisa lagi dilakukan di ECU standar," ungkap Direktur Teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli.

Sumber : http://bola.liputan6.com/

Tetap setia baca berita yang terbaru, terpanas, dan teraktual di www.onepoin.com, disini kami suguhkan dengan informasi yang beragam. semoga informasi yang kami berikan senantiasa memberi manfaat untuk kawan pembaca setia ONEPOIN. terima kasih... Wassalamualaikum Wr. Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH PERANGKAT ELEKTRONIK ANYAR DI MOTOGP 2016"

Post a Comment