7 Makanan Yang Dapat Mempertajam Daya Ingat


OnePoin.com - Anda sangat beruntung apabila memiliki kebiasaan konsumsi makanan sehat dan bergaya hidup sehat. Kebiasaan ini mampu menurunkan risiko terkena diabetes, hipertensi, jantung, bahkan penyakit Alzheimer.

Kebiasaan sehat memang bisa menjadi investasi Anda di masa depan. Salah satunya, untuk menurunkan risiko terkena Alzheimer. Penyakit ini merupakan keadaan ketika daya ingatan seseorang menurun secara terus menerus sehingga dia tidak mampu mengurus dirinya sendiri.

Menurut penelitian, Anda dapat terus menjaga kesehatan tubuh sekaligus meningkatkan memori otak dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat berikut ini, seperti yang dikutip dari Health.

1. Ikan


Ikan laut yang kaya akan kandungan asam lemak Omega-3. Asam lemak berfungsi melindungi kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membantu juga menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, serta memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi baru sementara masih mengingat informasi lama.
Jenis-jenis ikan yang bisa Anda konsumsi, antara lain: salmon, tuna, dan ikan haring.

2. Sayuran 


Makanan ini merupakan sumber terbaik vitamin E dan asam folat. Sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam yang sangat bagus untuk menyehatkan otak anak-anak sampai orang dewasa.

Menurut studi, kandungan yang ada di dalam sayuran dapat membantu Anda menjaga memori. Selain vitamin E, sayuran juga mengandung vitamin B6, dan B12 yang merupakan senyawa penting untuk mendobrak tingkat homocystein, yang dapat mengakibatkan lupa dan bahkan penyakit Alzheimer.
 
 
3. Avokad



Buah yang satu ini merupakan sumber yang kaya akan antioksidan vitamin E. Kandungan avokad mampu mengurangi risiko terserang Alzheimer.


4. Biji Bunga Matahari 



Biji-bijian yang satu ini,  merupakan sumber baik vitamin E yang Anda perlukan. Sebanyak 100 gram biji bunga matahari mengandung 30% dari asupan yang direkomendasikan untuk harian. Taburkan mereka di atas salad agar dapat dikonsumsi lebih enak. Rasanya enak, sekaligus menyehatkan otak Anda.

5. Kacang Tanah & Selai Kacang 


Meskipun di antara keduanya tinggi lemak, kacang tanah dan selai kacang cenderung tetap menjadi sumber lemak sehat. Selain itu juga mengandung vitamin E. Makanan ini dapat membantu menjaga jantung dan otak tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

6. Buah Berry 



Menurut penelitian buah blueberry, stroberi, raspberry dan buah berry yang lainnya mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Kandungan buah-buahan ini akan membantu mengurangi penuaan pada otak. Berry juga baik untuk meningkatkan memori otak.

7. Biji-Bijian 



Menurut riset, beras merah, oatmeal, roti whole grain, gandum, dan juga yang lain juga sangat baik untuk kesehatan Anda. Makanan ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Dengan demikian menunjang kualitas fungsi otak



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Yang Dapat Mempertajam Daya Ingat"

Post a Comment