PERINTAH PERINTAH DASAR MIKROTIK BERBASI TEXT/CLI(COMMAND LINE INTERFACE)


ONEPOIN.COM - Hallo sobat Blogger yang sekarang lagi belajar MikroTik. Kali ini saya akan memberikan informasi seputar Perintah-Perintah dasar yang ada di MikroTik seperti : Mengganti nama interface, memasukan IP address dan masih banyak lagi. Oh iya saya kali ini memberikan Pengetahuan tentang MikroTik Berbasis CLI/Text(Command Line Interface), Mikrotik Juga ada berbasis Gambar dengan menggunakan SOFTWARE Winbox, kenapa saya lebih suka berbasis Text?, Karna kalo berbasis gambar menurut saya lebih mudah. Jadi lebih baik mempelejari Berbasis Text dahulu baru Berbasis Gambar :)

1.Cara bagaimana Mengganti Nama Identitas di MikroTik
Nama identitas Seperti ini yang saya Lingkari.

Oke untuk Mengganti Nama Identitas kita bisa memasukan Perintah
"System Identity Set Name=(nama yang di ingin kan)" < ENTER, Contoh: System Identity Set Name=RB750 Nanti hasilnya akan seperti ini.


2.Cara Mengecek Berapa Jumlah Interface yang ada di dalam Router dengan Mikrotik dan Mengganti Nama Interface

Untuk Mengecek Jumlah Interface masukan perintah "Interface Print/Interface pr" contohnya akan seperti ini ya.

Keterangan: Disini Kita bsia lihat Interface Router saya hanya ada dua. Ini saya buat di Virtual Box, Kalo di Router aslinya biasanya memiliki 4/5 interface. Dibawah tanda pagar itu adalah Nomor interfacenya ya.

Nahh Untuk mengganti Nama Interface tersebut masukan perintah "Interface set name=(nama yang di inginkan) number=(nomor interface yang ingin di ganti) Contoh sepeti ini: Interface set name=internet number=0  <ENTER bisa lihat di bawah ini hasilnya


3. Cara mensetting IP Address Interface

Untuk memasukan/mensetting kita masukan perintah "Ip Address add address=(IP dan subnet mask yang diinginkan)Interface=(nama interface yang ingin dikasih IP tersebut)
Contoh : Ip address add address=10.0.2.1/24 interface=internet <ENTER
Bisa lihat gambar di bawah , hasilnya akan seperti ini. Untuk mengecek hasil Settingan Ip address kita bisa masukan perintah "Ip address print"<ENTER


4. Cara Setting IP DNS 

Untuk Mensetting IP DNS kita bisa menggunakan perintah "Ip dns set servers=(ip dns yang di inginkan)Allow-remote-request=yes contoh seperti ini : ip dns servers=8.8.8.8,8.8.4.4 allow-remote-request. Keterangan= disini saya menggunakan 2 ip dns ya, kalo ingin 2 Ip dns bisa tambahkan Tanda koma (,) untuk membatasi kedua ip tersebut. hasilnya akan seperti ini. Untuk mengecek ip dns sama perintahnya "Ip dns print" bisa lihat dibawah ini hasilnya 



4. Cara Menghapus Settingan yang Salah

Untuk menghapus Settingan kita bisa gunakan perintah contoh: Misalnya kita ingin menghapus Ip address yang salah kita bisa masukan perinta "Ip address remove number=(Nomor ip address yang ingin di hapus) Misal : Ip address remove number=0.


5. Cara MenShutdown dan Merestart 

Untuk Merestart kita bisa menggunakan perintah "System Reboot"

Untuk MenShutdown kita bisa menggunakan perintah "System Shutdown"



Oke cukup sekian informasi yang bisa saya sampaikan dari topik kali ini, semoga apa yang saya berikan bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian pembaca blog ini :) Terima Kasih.

THANK YOU FOR READING

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERINTAH PERINTAH DASAR MIKROTIK BERBASI TEXT/CLI(COMMAND LINE INTERFACE)"

Post a Comment