Mozilla `Balas` Microsoft Dengan Merilis Firefox 40


Onepoin.comMozilla baru saja resmi merilis Firefox versi 40 yang kompatibel dengan Windows 10. Salah satu fitur yang diunggulkan di Mozilla versi terbaru ini adalah pengguna tidak perlu menggunakan Bing sebagai mesin pencari yang berasal dari Cortana di taskbar Windows 10. 

Firefox memungkinkan pengguna untuk menggunakan mesin pencari yang mereka inginkan secara default. Sebenarnya masih ada cara lain untuk menggantikan Bing sebagai mesin pencari default di Windows 10, namun Firefox merupakan satu-satunya peramban yang memiliki kemampuan tersebut tanpa membutuhkan ekstensi dari pihak ketiga. 

Perubahan juga tampak dari tampilan Firefox 40. Sekarang tampilan Firefox 40 mulai menunjukkan aspek yang ada di Windows 10. Salah satunya adalah ikon yang dibuat lebih tebal membuatnya sejalan dengan tampilan Windows 10.

Selain itu, bagian menu juga mendapatkan perubahan tampilan. Menu dibuat mengambil ruang yang lebih sedikit sehingga memberikan ruang yang lebih besar untuk tampilan konten. 

Pun demikian, ada perubahan lain yang dianggap sedikit mengganggu. Mulai di Firefox 40 ini, Mozilla akan mulai mengatur pengecekan keamanan untuk ekstensi perambahan. Di versi ini, pengguna akan mendapat peringatan ketika mereka mencoba menginstal ekstensi yang tidak ditandai.

Sedangkan di Firefox 41, Mozilla akan mem-block semua ekstensi kecuali pengguna mengizinkannya dengan mengaturnya di menu pengaturan peramban. Dan di Firefox 42, semua ekstensi yang tidak dikenal akan di-block dan tidak dapat diatur.

Dikutip dari laman PCWorld, Rabu (12/8/2015), Mozilla beralasan bahwa perubahan ini dibutuhkan untuk melindungi pengguna dari ekstensi yang ternyata menyuntikkan iklan atau script berbahaya dikarenakan melacak ekstensi yang berbahaya di luar daftar add-onresmi merupakan hal yang sulit. 

Sumber : Liputan6

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mozilla `Balas` Microsoft Dengan Merilis Firefox 40"

Post a Comment