Open Source Yang Terdapat Pada OS Windows

 

Onepoin.com - Open source adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik serta merupakan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open Source Software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet.

Berikut beberapa aplikasi open source yang terdapat di OS Windows :
  • Open Office


      OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing. Selain itu Open Office.org bisa dikatakan salah satu software OfficeSuite (wordprocessor, spreadsheet dan presentation) yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, didistribusikan secara bebas tanpa harus membeli lisensi ratusan dolar. Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer, OpenOffice secara kualitas setingkat dengan Ms Office. Jadi bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Ms Office akan cepat familiar dengan OpenOffice sebab menu dan fiturnya sangat mirip walaupun tidak 100% sama. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja, OpenOffice ini juga bisa diinstal di Ms Windows.



Ada beberapa komponen dalam OpenOffice.org, yaitu :

  1. OpenOffice.org Writer
  2. OpenOffice.org Calc
  3. OpenOffice.org Impress
  4. OpenOffice.org Draw
  5. OpenOffice.org Math
  6. OpenOffice.org Base
  • GIMP
  GIMP adalah aplikasi komputer grafis berbasis OpenSource, dengan lisensi GPL. GIMPmenyediakan sarana fungsi yang mencukupi untuk pengolahan fotografi. GIMP singkatan dari GNU Image Manipulaion Program. GIMP adalah aplikasi yang cocok untuk menangani beberapa tugas seperti memperbaiki foto, mengubah dan membuat sebuah image.GIMP merupakan Open Source Software yang dilindungi oleh lisensi GPL dimana user dapat secara bebas mengakses dan merubah source code dari program GIMP. Gimp memiliki banyak layanan dan kemampuan sebagai software pengolah gambar yang dimiliki oleh Adobe photoshop, diantaranya memiliki Tool Box yang kompleks, Full alpha Channel (transparency), Layer, Format file seperti JPEG- GIFPNG- XPM-TIFF-TGA-MPEG, dan lainnya. Selain itu Gimp dengan keunggulannya bisa dijalankan padas berbagai platform seperti GNU/Linux, Windows 95/98/nt4/2000, MacOSX, Open BSD, NetBSD, Solaris, SunOS, AIX, HP-UX, Digital Unix, OSF/1, IRIX, OS/2, dan BeOS. Gimp sebagai software pengolah gambar dapat melakukan Image Editing, dan juga melakukan Video Editing.
  • Octave
    Octave merupakan softwere serupa dengan Matlab interactive dan bersifat open source. Hampir semua perintah dasar matlab interactive dapat dijalankan di dalam octave. Tetapi tetap ada beberapa perintah yang spesifik matlab yang tidak dikenali didalam octave.


















  • R


   R adalah bahasa dan lingkungan untuk komputasi statistik dan grafik. Ini adalah proyek GNU yang mirip dengan bahasa S dan lingkungan yang dikembangkan di Bell Laboratories (dahulu AT & T, sekarang Lucent Technologies) oleh John Chambers dan rekan. R dapat dianggap sebagai implementasi yang berbeda dari S. Ada beberapa perbedaan penting, namun banyak kode yang ditulis untuk S berjalan tidak berubah di bawah R.

   R menyediakan berbagai statistik (model linier dan nonlinier, uji statistik klasik, analisis time-series, klasifikasi, clustering, …) dan teknik grafis, dan sangat extensible. Bahasa S seringkali merupakan kendaraan pilihan untuk penelitian dalam metodologi statistik, dan R menyediakan rute Open Source untuk berpartisipasi dalam kegiatan itu.

    Salah satu kekuatan R adalah kemudahan yang dirancang dengan baik publikasi plot berkualitas dapat diproduksi, termasuk simbol matematika dan rumus jika diperlukan. Great perawatan telah mengambil alih default untuk pilihan desain kecil dalam grafis, namun pengguna tetap kontrol penuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Open Source Yang Terdapat Pada OS Windows"

Post a Comment