Apakah itu Closed Source...?



Onepoin.com - Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya opensource. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source.

Pada umumnya program komputer memiliki lisensi atau Hak Cipta yang melindungi hasil ciptaan itu dari penggunaan yang tidak adil oleh orang lain. Namun kebanyakan lisensi yang ada sekarang ini khususnya untuk program komputer yang Close Source mencantumkan klausul-klausul yang menempatkan pembeli atau pengguna pada posisi yang sangat lemah.

Keuntungan penggunaan Closed Source :
  1. Kurangnya kebingungan bagi pengguna. Banyak orang awam tidak tau apa keuntungan dari berbagai versi, android misalnya. Open source akan memberi banyak variasi karena kita diperbolehkan mengembangkannya. Dengan melarang orang untuk mengubah fitur inti itu, maka akan membuat lebih mudah untuk memilih produk yang pengguna inginkan, menjadikan hanya ada satu versi sehingga mudah pengguna beradaptasi, iOS misalnya. 
  2. Pengguna punya pengalaman sama. Karena tertutup pengembang dapat memilih layout, fitur, pilihan, warna, dan cukup banyak apa pun yang mereka pilih. Hal ini tampaknya membatasi, tapi setidaknya menjamin bahwa setiap pengguna akan memiliki pengalaman serupa dan memberikan standar yang tidak dapat diubah. 
  3. Lebih menguntungkan vendor / pengembang. Sebuah model closed source dapat sangat menguntungkan bagi vendor dan pengembang karena dapat memperoleh banyak uang dan dapat merahasiakan dari kompetitor dengan tidak membuat desain yang tersedia bagi mereka untuk melihatnya
Software dalam kategori ini (Closed Source) dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian :
  •   Operating System (Sistem Operasi), contoh : Microsoft Windows . 
  •   Languages (Bahasa Pemrograman), contoh : Visual Basic, ASP, Pascal . 
  •   Web Browser, contoh : Internet Explorer . 
  •   Aplication (Aplikasi), contoh : Adobe Photoshop, CorelDraw . 
  •   Office Suites (Aplikasi perkantoran), contoh : Microsoft Office . 
  •   Server Aplication (Server), contoh : ColdFusion, IIS . 
  •   Antivirus, contoh : Norton Antivirus, McAfee . 
  •   Games, contoh : FIFA 2006, Winning Eleven, Spiderman .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah itu Closed Source...?"

Post a Comment